Prabowo: RI Bakal Ekspor Pangan Dalam 4 Tahun Mendatang

Jakarta, CNBC Indonesia  – Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto mengungkapkan RI akan mengekspor bahan pangan dalam 4 tahun mendatang. Hal ini diungkapkan saat menghadiri Mandiri Investment Forum 2024 di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Kita bisa mendapatkan bahan bakar nabati, kita bisa mendapatkan solar dari kelapa sawit, kita bisa mendapatkan bensin dari etanol. Kita akan memiliki etanol dari gula dan juga dari tapioka atau singkong, kata Prabowo.

 

Prabowo mengatakan pemerintah optimis menjadi negara mandiri terkait pangan. Meski diakui ada sejumlah tantangan yang sedang dihadapi dan bisa melakukan ekspor pangan.

“Saya pikir kita bisa mengekspor makanan dalam kurun waktu 4 tahun, dan 3 tahun kita mandiri pangan,” kata Prabowo.

Namun kata Prabowo Indonesia harus belajar dari sejumlah negara maju seperti China. Menurutnya, Tiongkok mampu menyelesaikan permasalahan kemiskinan dan India menjadi salah satu negara pengekspor pangan terbesar.

 

Selain itu, Prabowo memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melonjak mencapai 8%, atau lebih dalam 4 – 5 tahun mendatang.

“Saya percaya kita akan mendorong pertumbuhan kita perkiraan kita 4 – 5 tahun mendatang mencapai 8% pertumbuhan mungkin lebih,” kata Prabowo.

Selain itu, Prabowo mengatakan dalam masa pemerintahan mendatang ia akan membantu menyelesaikan permasalahan kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, dan menghilangkan kelaparan.